Inilah 5 Kuliner Khas Kulon Progo yang Harus Kamu Coba

kuliner khas Kulon Progo


BLOGFAJAR.COM - Bicara tentang Jogja seolah tak akan pernah ada habisnya. Mulai dari destinasi wisata, di Jogja kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan destinasi wisata yang menarik. Mulai dari tempat wisata alam, budaya, dan lain sebagainya. Bahkan hanya dengan jalan-jalan di pusat kota pun kamu akan menikmati sensasi yang menyenangkan.


Salah satu tempat yang wajib untuk kamu kunjungi ketika di Jogja adalah Kulon Progo. Ada beberapa pilihan tempat wisata di Kulon Progo seperti Kalibiru, hutan mangrove, waduk sermo, pantai Glagah, dan lain sebagainya. Selain banyak pilihan tempat wisata, di Kulon Progo kamu juga bisa menemukan aneka kuliner khas yang lezat.

5 Makanan Khas Kulon Progo


Berlibur tak akan lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi kuliner khas di tempat yang kamu kunjungi. Apalagi Kulon Progo memiliki ragam kuliner yang lezat jadi sayang rasanya jika dilewatkan. Ini dia 5 pilihan kuliner khas Kulon Progo yang wajib untuk kamu coba :

1. Benguk Santen


Tempe benguk merupakan salah satu makanan khas di Kulon Progo. Tempe benguk merupakan tempe yang terbuat dari kacang koro sehingga ukurannya lebh besar dari tempe biasa. Tempe benguk bisa disajikan dalam beragam cara salah satunya yang paling difavoritkan adalah dengan dimasak menggunakan santan kental.

2. Growol


Growol merupakan makanan khas Kulon Progo yang terbuat dari singkong. Makanan ini dulu digunakan sebagai pengganti nasi karena dulu banyak warga yang tidak mampu membeli beras. Biasanya growol akan disajikan bersama dengan srundeng dan tempe benguk sebagai lauk.

Baca juga: Pesona Pasir Putih Pantai Indrayanti

3. Geblek


Geblek adalah camilan khas Kulon Progo yang sangat pas dijadikan pendamping teh atau kopi panas. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka yang kemudian dibentuk kecil-kecil lalu digoreng. Geblek paling nikmat dimakan ketika hangat.


4. Peyek Undur-Undur


Mungkin terdengar aneh, namun makanan ini menjadi salah satu camilan favorit untuk dijadikan oleh-oleh dari Kulon progo. Peyek undur-undur terbuat dari undur-undur pantai yang digoreng dengan adonan tepung beras serta tepung kanji. Rasanya gurih karena menggunakan santan dan bumbu-bumbu seperti kencur, bawang putih, tumbar, kemiri, serta daun jeruk.

5. Enting-Enting Jahe


Enting-enting jahe sangat sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kulon Progo. Makanan ini terbuat dari campuran gula, kacang, kepala, dan wijen serta diberi tambahan panili untuk menambah rasa. Makanan ini menjadi favorit karena memiliki rasa yang manis namun ada sensasi pedas dari jahe.

Itulah tadi beberapa pilihan makanan khas Kulon Progo yang harus kamu coba. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak pilihan jajanan pasar jika kamu menyempatkan diri untuk berkunjung ke pasar tradisional di Kulon Progo. Kamu bisa langsung mencobanya di Kulon Progo dan membawa beberapa untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel