Obat Ampuh Percepat Sembuhkan Luka Diabetes



Bagi penderita diabetes, luka merupakan hal yang harus dihindari, terutama pada bagian kaki. Jika sudah terlanjur mengalami luka, maka penderita diabetes harus segera melakukan perawatan dan penanganan yang tepat pada luka tersebut. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan obat luka diabetes untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes.

Berdasarkan informasi yang dilansir di Gue Sehat, anda awal dari luka terbuka atau yang dikenal dengan ulkus, pertamanya adalah adanya luka kecil, yang kemudian bertambah lebar dan dalam, hingga mengeluarkan cairan berwarna kuning, coklat, bahkan merah, yaitu nanah dengan bau busuk yang khas.


Luka terbuka pada penderita diabetes sangat berbahaya, karena akan sulit kering, dan luka yang terdapat pada telapak kaki akan sering terkena sepatu saat menginjak lantai. Jika tidak segera diobati, maka luka tersebut akan terus bertambah besar hingga akhirnya sulit untuk diobati, sehingga membutuhkan penanganan final yaitu dengan amputasi.

Mengingat begitu bahayanya luka pada penderita diabetes, maka langkah terbaik sebelum hal itu terjadi adalah melakukan pencegahan. Untuk mengobati luka diabetes, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik, antiplatelet, dan anti pembekuan.

Jenis antibiotik yang umum digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes adalah obat yang aktif menyerang Staphylococcus aurreus yaitu bakteri yang menyebabkan bisul dan stres, dan Streptococcus β-hemolitik, yang umumnya ditemukan di dalam usus manusia. Selain itu, dokter juga mungkin akan menggunakan terapi oksigen hiperbarik atau terapi luka tekanan negatif untuk meningkatkan aliran darah.

Bagaimanapun kondisi luka yang Anda alami, Gue Sehat menyarankan agar Anda dapat mengutarakan semua kepada dokter, termasuk jenis kondisi kesehatan lain yang mungkin Anda miliki. Sehingga, dokter dapat memberikan pelayanan dan pengobatan yang tepat untuk Anda.
Obat untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes tidak hanya obat dokter saja, tetapi ada juga yang dijual bebas di apotek. Beberapa obat diabetes yang tersedia di apotek, diantaranya sebagai berikut.

- Dressing, dengan kandungan krim silver sulphadiazine.
- Gel atau larutan polyhexamethylene biguanide (PHMB).
- Yodium (baik povidone maupun kadexomer).
- Madu dalam bentuk salep atau gel.

Nah, sekarang Anda semakin tahu kan bagaimana cara untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes kan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel