Cara Mengobati Luka Yang Terpotong Pisau Dengan Benar

Namanya yang ibu rumah tangga aktif di dapur, tentunya kegiatan sehari-harinya tak akan pernah terlepas dari yang namanya pisau. Dan sialnya, meskipun sudah sangat berhati-hati dalam menggunakan pisau ini, resiko terkena luka jari terpotong pisau ini tentunya akan selalu mengintai anda saat sedang mengiris bahan masakan. Untuk itu setidaknya anda harus mengetahui tentang pertolongan luka sayat yang bisa dilakukan sendiri dirumah, sebagai langkah pertolongan pertama yang mudah sekali untuk dilakukan.


Adapun cara pertolongan pertama dalam mengobati luka sayat ini adalah sebagai berikut :

1. Mencoba tenang dan jangan panik

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam merawat luka sayat akibat pisau ini adalah tetap berusaha setenang mungkin dan jangan panik. Meskipun luka yang diderita bisa dikategorikan sakit sekali, namun alangkah lebih baiknya anda harus segera mengobatinya bukan malah nangis ataupun histeris berlebihan.

2. Lakukan penekanan luka dengan menggunakan kassa ataupun tissue steril

Jika luka yang anda derita darahnya masih mengalir, maka segera lakukan penekanan dengan menggunakan kassa ataupun tissue yang steril selama kurang lebih 5 menit. Atau setidaknya lakukan hal tersebut hingga pada saat pendarahan sudah berhenti.

3. Bersihkan luka dengan menggunakan air bersih yang mengalir

Jika pendarahan yang anda alami sudah berhenti, segera bersihkan luka sayatan tersebut dengan menggunakan air bersih yang mengalir selama kurang lebih 10-15 menit.

4. Tutup luka dengan plester yang berkualitas baik

Setelahnya, tutup luka dengan menggunakan kasa steril ataupun bisa juga dengan menggunakan plester luka yang memiliki rekatan sempurna. Dan tak lupa untuk mengganti juga plester tersebut jika dirasa sudah tidak merekat dengan baik.

Dan sebagai tambahan sebisa mungkin hindari luka sayatan tersebut dari kontak sinar matahari secara langsung, pasalnya hal tersebut bisa memicu hiperpigmentasi permanen. Jika luka lecet yang anda derita terasa sangat sakit tak tertahankan, maka anda mengatasinya dengan mengkonsumsi analgesic. Nah untuk informasi menarik dan cara pengobatan lainnya, anda bisa mengakses sekarang juga blog kesehatan terbaik saat ini dari www.guesehat.com.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel