5 Tips dari Aplikasi SehatQ.com ini Akan Membantu Anda



Sejak “New Normal” diberlakukan, aktivitas masyarakat mulai berangsur normal. Meski begitu, setiap orang yang beraktivitas di luar rumah tetap diharuskan menerapkan protokol kesehatan. Termasuk ketika Anda harus menggunakan jasa ojek. SehatQ.com sebagai platform kesehatan juga memberikan informasi seputar tips yang sebaiknya diterapkan ketika naik ojek.

Jadi, apabila Anda sudah harus kembali bekerja di kantor, pastikan Anda tetap menjaga kebersihan diri serta melakukan upaya pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan. Apalagi jika Anda adalah pengguna jasa ojek, yang artinya setiap berangkat dan pulang kerja mau tidak mau harus berboncengan di motor.

Tips Aman Naik Ojek


Agar Anda bisa menggunakan jasa ojek dengan aman, berikut tips yang perlu dilakukan.

1. Memakai masker

Tidak bisa ditawar, Anda wajib memakai masker setiap kali beraktivitas di luar rumah. Begitu pula ketika naik ojek, pastikan Anda memakai masker dengan benar. Yakni area mulut dan hidung harus tertutup secara rapat.

Akan tetapi, Anda juga perlu memastikan bahwa masker yang dipakai masih dalam keadaan bersih. Apabila Anda memakai masker kain, sebaiknya Anda mengganti masker setiap empat jam sekali. Untuk itu jangan lupa membawa masker cadangan sebagai ganti.

2. Menggunakan hand sanitizer

Meski saat ini penyedia jasa ojek sudah dihimbau untuk menyediakan hand sanitizer setiap kali akan membawa penumpang, namun akan lebih baik jika Anda membawa hand sanitizer sendiri. Ini akan memudahkan Anda setiap kali ingin mensterilkan telapak tangan.

3. Membawa helm sendiri

Seperti yang dilansir dari SehatQ.com, Anda tidak hanya disarankan membawa hand sanitizer sendiri, namun juga dianjurkan membawa helm sendiri setiap kali akan menggunakan jasa ojek. Seperti yang diketahui virus Covid-19 ini ditularkan melalui droplet, dan ketika Anda menggunakan helm yang disediakan tukang ojek, maka risiko tertular virus akan lebih besar. Apalagi jika sebelumnya helm tersebut telah dipakai penumpang lainnya.

Bukan bermaksud berprasangka terhadap cara tukang ojek menjaga kebersihan helm, namun akan lebih aman dan nyaman jika Anda menggunakan helm milik sendiri. Yang mana Anda tahu betul sebersih apa helm tersebut. Lagi pula ini demi kebaikan Anda sendiri, kan? Jangan malas bawa helm sendiri, ya!

4. Bicara secukupnya

Jika sebelum ini Anda terbiasa mengisi waktu di perjalanan sambil berbicara dengan tukang ojek, maka untuk saat ini ada baiknya Anda bicara secukupnya saja. Walaupun sudah ada tukang ojek yang melengkapi motornya dengan partisi atau pembatas antara pengemudi dan penumpang, tidak ada salahnya Anda menjaga diri dengan tidak terlalu banyak bicara selama dalam perjalanan.

5. Manfaatkan uang elektronik

Menghindari adanya penularan melalui droplet, untuk sementara ini Anda bisa memanfaatkan uang elektronik sebagai alat pembayaran. Selain lebih praktis, ini juga sebagai cara untuk melindungi diri maupun tukang ojek yang menerima uang dari Anda.

Demikianlah 5 tips aman naik ojek di tengah pandemi yang harus Anda terapkan. Meski sudah ada aturan New Normal, jangan lantas Anda lalai dalam menjaga diri. Selalu jaga kebersihan diri maupun lingkungan tempat Anda beraktivitas. Selain itu, Anda juga bisa membekali diri dengan wawasan tentang kesehatan. Tidak harus membaca buku yang tebal, Anda bisa memanfaatkan forum kesehatan yang disediakan oleh SehatQ.com.

SehatQ merupakan aplikasi atau platform kesehatan yang akan memudahkan Anda menemukan informasi seputar kesehatan secara lengkap. Dengan platform ini Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter secara online. Selain itu, tersedia juga fitur untuk menemukan rumah sakit terdekat hingga kemudahan membeli obat secara online.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel