Penyebab Mual Saat Hamil dan Bagaimana Mengatasinya?



Mual saat hamil mungkin menjadi suatu hal yang biasa bagi para ibu yang sedang mengandung. Tidak ada yang tahu penyebab pasti datangnya rasa mual ketika hamil, karena setiap wanita memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Rasa mual tersebut bisa terjadi karena adanya perubahan fisik dan hormon dalam tubuh wanita Ketika mengandung.

Anda tidak perlu khawatir ketika mual saat hamil (Morning sickness), karena kondisi ini biasa terjadi pada awal kehamilan, seperti di minggu pertama sampai tiga bulan masa kehamilan. Namun, ada pula wanita yang merasa mual sampai waktu yang lebih lama. Adapun waktu datangnya mual beragam dan bisa terjadi kapan saja, baik siang, sore atau malam hari. Jadi kalau ada yang bertanya mual saat hamil sampai kapan? Itu tergantung kondisi ibu hamil.

Penyebab Mual saat Hamil

Mual saat hamil mungkin membuat sebagian wanita hamil merasa tidak nyaman, mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat cepat kelelahan, namun hal tersebut harus dilewati. Adapun berikut ini merupakan beberapa penyebab mual saat hamil, yaitu:

1. Kadar Hormon Progesteron

Ketika hamil, kadar hormon progesteron akan meningkat. Hal ini membantu mengencangkan otot rahim untuk mencegah terjadinya prematur atau lahir lebih awal. Hormon ini juga akan membantu mendorong tumbuhnya kelenjar susu dalam payudara. Namun, hormon progesteron yang meningkat juga bisa menjadi penyebab mual saat Anda hamil, perubahan mood, kembung, dan payudara nyeri.

2. Kadar Hormon Estrogen

Selain hormon progesterone, ada pula hormon estrogen yang meningkat 100 kali lebih tinggi ketika hamil. Peningkatan hormon ini juga diduga menjadi penyebab mual Ketika hamil.

3. Sensitif Terhadap Aroma atau Bau Tertentu

Banyak wanita hamil yang merasa sensitif terhadap aroma tertentu, hal ini sangatlah wajar. Anda hanya perlu menghindari aroma yang membuat eneg, mual atau ingin muntah. Hal ini disebabkan karena ada bagian otak yang sensitif ketika sedang hamil, dimana otak tersebut cepat merespon hormon atau lainnya yang buat mual ketika hamil

4. Gula Darah Rendah

Gula darah rendah atau hipoglikemia seringkali terjadi pada wanita hamil, karena makanan yang masuk terbagi dua, yaitu untuk ibu dan janin. Hal ini bisa menyebabkan wajah pucat, pusing, berkeringat hingga mual.

5. Hormone human chorionic gonadotropin (hCG)

Hormon hCG pertama kali diproduksi ketika embrio mulai berkembang dalam rahim setelah pembuahan dan terbentuk dari sel yang membentuk plasenta. Hormon ini juga bisa menjadi pemicu mual tersebut. Pada kehamilan kembar, hormon ini jadi lebih tinggi yang menyebabkan mual lebih parah.

6. Stres

Wanita hamil yang memiliki banyak pikiran atau stress bisa membuat tubuh lemas, sistem pencernaan terganggu. Hal ini juga membuat mual saat kehamilan lebih parah. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan ketika sedang hamil dan jangan pikirkan apapun yang membuat pusing.

Cara Mengatasinya

Apabila Anda merasa mual ketika hamil, apapun penyebabnya Anda, bisa mengatasinya. Berikut cara mengatasi mual saat hamil, yaitu:

● Istirahat yang cukup 
● Makan sepotong roti jika sering mengalami mual Ketika pagi 
● Jangan makan-makanan terlalu pedas, berlemak atau manis 
● Jangan mengkonsumsi makanan yang aromanya membuat mual 
● Jangan biarkan perut kosong, Anda bisa makan sedikit-sedikit tapi sering 
● Konsumsi multivitamin secara teratur 
● Banyak minum air putih agar tubuh tetap bugar 
● Makan makanan yang mudah dicerna atau lunak seperti pisang, sup ayam, kaldu ayam, dan lainnya 
● Jangan berbaring setelah makan dan minum 
● Jangan makan dan minum terlalu cepat

Air Mineral AQUA, Bagus untuk Ibu Hamil!

Ketika sedang mengandung, seorang wanita harus menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan bugar sehingga janin yang dikandungnya juga sehat. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi, serta menghidrasi tubuh.

Dengan mengkonsumsi air putih dan menjaga cairan tubuh tetap terpenuhi, Anda akan tetap kuat dan tumbuh kembang janin berjalan normal. Pasalnya air yang masuk ke dalam tubuh dapat mengontrol beberapa organ tubuh seperti pikiran, jantung dan organ lainnya agar berfungsi dengan baik.

Apabila anda kekurangan cairan maka dampaknya akan sangat buruk hingga menyebabkan persalinan prematur, volume cairan ketuban menurun, sirkulasi darah tidak normal dan lainnya.

Pastikan air putih yang dikonsumsi berasal dari air pegunungan, berkualitas dan dari mineral alami. Kejernihan air harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai terkena polutan seperti limbah industri atau rumah tangga. Karena mengkonsumsi air yang tercemar juga membahayakan kesehatan tubuh.

AQUA menjadi pilihan air mineral terbaik dan terpercaya kualitasnya. AQUA mengandung gizi dan mineral lengkap mulai dari kalsium, magnesium, natrium, kalium dan lainnya, serta proses pembuatannya melalui tiga perlindungan yaitu melindungi sumber airnya, melindungi mineralnya agar tetap alami dan berkualitas, serta diproses dengan baik untuk menjaga keamanan dan kualitas hingga ke tangan konsumen. Berkat kandungan dan kualitasnya, Air mineral AQUA tidak menimbulkan mual saat hamil, justru menjaga mereka agar tetap bugar dan produktif selama hamil.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mual saat hamil yang bisa Anda ketahui. Anda tidak perlu khawatir apabila terus mual, karena hal tersebut tidaklah berbahaya selama Anda menjaga kondisi tubuh dengan baik. Jangan lupa untuk sering mengkonsumsi air mineral AQUA untuk menghidrasi tubuh dan menjaga tubuh tetap fit.

Referensi
(1) https://www.alodokter.com/mual-saat-hamil-pertanda-kehamilan-sehat#:~:text=Penyebab%20Mual%20Saat%20Hamil,-
Penyebab%20pasti%20mual&text=Ketika%20sel%20telur%20yang%20sudah,hormon%20yang%20dibutuhkan%20untuk%20kehamilan.
(2) https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/masalah-kehamilan/penyebab-mual-saat-hamil/
(3) https://www.sehatq.com/artikel/mual-saat-hamil-muda-penyebab-dan-cara-mengatasinya#penyebab-mual-saat-hamil
(4) https://www.sehataqua.co.id/minum-air-putih-untuk-ibu-hamil-berapa-gelas-perhari


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel