Wajib Tahu! Ini Dia Tips Investasi Valas Bagi Para Pemula



Sumber : pexels.com Ada banyak pilihan instrumen investasi saat ini salah satunya yang juga cukup populer adalah investasi valas. Jenis investasi ini memang kurang terkenal di kalangan investor pemula jika dibandingkan dengan reksadana atau saham. 

Nilai tukar mata uang asing yang turun naik menjadi salah satu magnet mengapa investasi jenis ini banyak diminati. Investasi mata uang asing ini, memanfaatkan naik turunnya nilai mata uang. Return yang bisa Anda dapatkan adalah dari selisih harga jual beli mata uang. 

Tips Investasi Valas Bagi Pemula


Bagi investor pemula yang ingin mencoba investasi valas, tentu bisa mengetahui dulu tips-tips dalam melakukannya. Berikut ini.

 Pilih Lembaga Resmi

Yang pertama dalam jenis instrumen investasi ini Anda harus menentukan pemilihan lembaganya. Tentu saja Anda harus menemukan lembaga dari institusi resmi minimal sudah terdaftar di OJK. 

Ketika melakukan jual beli valas, sebaiknya pilih tempat yang punya sertifikat resmi seperti bank atau money changer. Hal ini tentu saja untuk meminimalisir penipuan investasi. Pembelian dolar di tempat resmi membantu Anda tahu bahwa yang Anda beli adalah uang asli. 

Memahami Peraturan

Dalam investasi jenis valas, Anda harus benar-benar tahu aturannya. Investasi jenis ini menerapkan kepemilikan uang asing secara fisik. Uang yang Anda miliki harus dipastikan benar-benar rapi dan tidak memiliki cacat fisik.

Catat fisik tersebut antara lain uang lecek, sobek ataupun tertekuk. Ketika uang mengalami cacat fisik maka bisa mempengaruhi nilai valas. Cara paling aman yaitu dengan menyimpan uang di bank misalnya.

Pakai Uang Dingin

Dalam melakukan investasi mata uang asing sebaiknya gunakan uang dingin. Uang dingin adalah sebuah kiasan untuk uang memang Anda simpan dalam jangka waktu panjang. 

Artinya uang ini tidak akan Anda pakai untuk kebutuhan harian atau berbagai pembayaran bulanan. Menggunakan uang dingin adalah paling tepat untuk menurunkan resiko investasi jika suatu hari mendadak valas sangat jatuh.

Pilih Valas Paling Kuat

Anda sebagai investor, harus mengetahui apa saja valas paling kuat. Caranya yaitu dengan mau memastikan bahwa mata uang yang Anda pilih untuk diinvestasikan cukup stabil dan kuat terhadap rupiah. 

Valas yang stabil dan kuat akan meminimalisir resiko kejatuhan sedemikian rupa. Nah dalam kegiatan investasi valas, Anda harus menjadi orang yang update berita. Sebab kapan saja valas bisa naik turun secara tajam. Update berita ini, membantu Anda memahami strategi kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual valas.

Pilihan Mata Uang Terkuat

Seperti dikatakan pada salah satu poin di atas bahwa penting mengetahui pilihan investasi untuk mata uang terkuat. Beberapa pilihan mata uang terkuat untuk Anda para pemula yang masih bingung.

Dolar Amerika (USD)

Mata uang satu ini terbilang punya pengaruh paling kuat di dunia. Jadi speknya cukup bagus untuk berbagai transaksi dunia. Anda bisa mendapatkan keuntungan karena sifat investasi dollar adalah berlawanan dengan inflasi.

Euro (EUR)

Mata uang ini menjadi mata uang terkuat di dunia setelah dolar Amerika. Alasannya tentu saja karena Eropa adalah salah satu negara maju di dunia. Bahkan beberapa negara di Afrika menggunakan mata uang Euro. Harga mata uang Euro ini juga lebih tinggi dibanding dolar Amerika.

Poundsterling (GBP)

Sementara di urutan ketiga ada Poundsterling. Mata uang satu ini dipilih oleh banyak investor yang yang mempunyai modal besar. Anda tidak perlu khawatir karena nilai tukar uang nya hampir sama dengan dolar Amerika dan Euro.

Yen (JPY)

Asia masuk menjadi salah satu mata uang terkuat yaitu pada Yen. Mata uang Jepang ini punya pengaruh yang terbilang kuat di pasar internasional. Bahkan Yen tidak hanya penting untuk valas tetapi juga berbagai transaksi untuk negara Asia.

Dolar Singapura (SGD)

Untuk mata uang satu ini merupakan salah satu alternatif investasi yang bagus. Sebab Dolar Singapura adalah mata uang terkuat nomor 2 di Asia. Keunggulan dari mata uang ini adalah nilai tukar yang cukup terjangkau. Bagi para pemula yang ingin mencoba untuk melakukan investasi jenis valas, bisa memilih dolar Singapura. 

Deposito Valas Semakin Menarik  Lewat digibank by DBS


Deposito valas  semakin mudah dan menarik lewat digibank by DBS. Berikut beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika melakukan investasi  mata uang asing lewat digibank by DBS.

Deposito 10 mata uang asing, digibank by DBS memungkinkan Anda untuk deposito dengan pilihan 10 mata uang asing. Ada USD, SGD, AUD, EUR, GBP, CAD, CHF, HKD, JPY, dan NZD. 

Bunga kompetitif, Anda bisa melakukan investasi mulai dari USD 100. Selain itu tentu saja Anda akan mendapatkan keuntungan berupa bunga yang sangat kompetitif.

Pilihan tenor yang singkat, tidak perlu khawatir jika Anda ingin melakukan investasi dengan valas menggunakan waktu yang singkat. digibank by DBS memberikan pilihan tenor mulai 1 hingga 12 bulan. 

Akses Layanan 24/7, Anda bisa mengakses digibank by DBS selama 24 jam 7 hari untuk deposito. Jadi setoran investasi bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja hanya lewat aplikasi digibank by DBS. 

Nah, itu tadi beberapa tips investasi valas bagi para pemula. Untuk investor pemula, melakukan setoran deposito valas semakin mudah  dan terjangkau lewat digibank by DBS. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel