4 Langkah Kredit Mobil Baru Bersama SEVA

Metode pembayaran mana yang lebih cocok untuk kondisi keuangan Anda? Beberapa orang memutuskan untuk kredit mobil baru dan tidak memilih metode pembayaran tunai karena dana yang ada belum mencukupi untuk membeli mobil baru secara tunai.

Membeli mobil secara kredit sebenarnya sah untuk dilakukan dan tentu saja bisa menjadi pilihan utama jika Anda belum siap membeli mobil secara tunai. Kredit memungkinkan Anda untuk tetap menghidupi keluarga karena tidak perlu menguras seluruh tabungan untuk membeli mobil baru.

Beli Kendaraan Baru Secara Kredit

Sayangnya, banyak orang terburu-buru memilih metode pembelian mobil baru secara kredit tanpa memikirkan berbagai hal lainnya. Padahal ada banyak pertimbangan penting yang harus dipikirkan sebelum membeli mobil baru secara kredit. Lakukan hal-hal ini sebelum kredit kendaraan baru.

1.Menghindari Pinjaman untuk Membayar DP

Beberapa konsumen yang ingin membeli mobil baru mengajukan pinjaman untuk membayar DP mobil tersebut. Ada juga yang meminjam uang dari kerabat agar bisa membayar uang muka mobil. Padahal hal ini sebaiknya tidak dilakukan jika Anda ingin membeli mobil dengan lebih nyaman.

Uang pinjaman, baik dari kerabat yang dikenal maupun dari instansi keuangan, bisa mempersulit kondisi keuangan Anda. Dengan meminjam dana untuk membayar uang muka, artinya Anda akan mempunyai cicilan di dua tempat berbeda, cicilan mobil baru dan cicilan uang muka di pihak lain.

Hindari membeli mobil secara kredit jika uang muka belum siap. Lebih baik menabung untuk membayar uang muka daripada meminjam uang agar bisa segera membeli mobil baru.

2.Tenor Tidak Lebih dari Usia Ekonomis Mobil

Bunga serta tenor kredit (periode waktu pembayaran kredit) akan mempengaruhi besaran cicilan kredit. Anda perlu memilih tenor yang usianya tidak lebih dari usia ekonomis kendaraan tersebut. Biasanya, ketika mobil memasuki usia lima tahun, pemilik mobil harus mempersiapkan dana cadangan.

Karena pada usia tersebut mobil memerlukan maintenance atau perawatan kendaraan. Jika cicilan belum selesai di tahun kelima, Anda jadi harus membayar dua kali lipat, untuk membayar cicilan kendaraan dan untuk membayar biaya perawatan atau maintenance kendaraan.

Usahakan pembayaran cicilan kendaraan sudah selesai pada tahun ketiga atau keempat. Dengan begitu Anda akan punya cukup dana untuk fokus merawat kendaraan di tahun kelima.

3.Tentukan Suku Bunga Cicilan yang Terbaik

Biasanya, terdapat dua jenis suku bunga cicilan yang diterapkan pada kredit mobil. Suku bunga yang pertama adalah fixed rate atau suku bunga terus. Sedangkan suku bunga cicilan yang kedua adalah floating rate atau suku bunga mengambang. Pahami perbedaan antara kedua suku bunga tersebut.

Setelah memahami perbedaan antara keduanya, Anda perlu memastikan dan memilih suku bunga cicilan mobil baru yang paling cocok dengan keuangan keluarga Anda. Dengan begitu, pembayaran cicilan kendaraan tidak akan mengganggu pemenuhan kebutuhan keluarga.

4.Membeli Kendaraan Baru dengan SEVA

SEVA menawarkan banyak sekali fitur bagi setiap konsumen. Karena kesanggupan financial setiap konsumen berbeda, fitur Car Recommendation SEVA memungkinkan setiap konsumen untuk membeli mobil baru yang harganya paling cocok dengan kemampuan ekonomi masing-masing.

Membeli mobil baru dengan cara kredit memang jauh lebih ringan daripada beli mobil secara tunai. Tapi sebelum mengajukan permohonan kredit mobil baru, sebaiknya ikuti semua langkah yang ada di atas agar keuangan keluarga tidak akan terganggu meskipun Anda mencicil mobil setiap bulannya. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel